Ini dia 5 Penyebab Wasir yang Paling Umum Terjadi, No. 4 Wajib Anda Ketahui…

Wasir atau dikenal dengan nama ambeien atau hemorrhoid didalam bahasa inggris atau latin, adalah gangguan penyakit yang terjadi disekitar bibir anus, biasanya diawali dengan pembengkakan dan kemudian diperparah dengan pendarahan yang terjadi ketika buang air besar.

Pembengkakan disebabkan adanya kenaikan tekanan pembuluh darah didaerah panggul dan rektum. Sejalan dengan meningkatnya tekanan, maka darah akan berkumpul di pembuluh darah kemudian memicu pembengkakan dan akhirnya pembuluh darah yang bengkak itu menyebar ke jaringan di sekitarnya dan terjadilah wasir/ambeien.

Apakah yang menyebabkan Wasir?


Pendarahan ketika buang air besar, gatal dan rasa nyeri disekitar anus adalah gejala umum pada wasir/ambeien untuk itu berikut adalah 5 penyebab wasir/ambeien yang mungkin tidak pernah Anda sadari yaitu seperti:

  1. Sembelit kronis. Feses yang mengeras akibat sembelit membuat Anda harus mengeluarkan tenaga lebih banyak untuk mengejan ketika buang air besar, karena hal tersebut dilakukan terus menerus maka yang terjadi adalah pembengkak di sekitar anus.
  2. Kehamilan. Seiring dengan usia kehamilan yang semakin besar, otomatis rahim akan ikut berkembang seiring perkembangan janin, Tekanan rahim ini yang kemudian akan menekan pembuluh darah di usus besar sehingga memicu munculnya benjolan di daerah anus.
  3. Mengangkat Benda Berat. Untuk para penyuka olahraga angkat beban dan fitness, biasanya sering melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pembentukan otot salah satunya yaitu berulang kali melakukan angkat beban, karena sering melakukan angkat beban yang berat maka terjadinya penumpukan tekanan di bagian rektum yang akan mempengaruhi aliran darah dan membuat pembuluh darah menjadi bengkak sehingga terjadinya wasir/ambeien.
  4. Duduk Terlalu Lama. Sudah umum jika para pekerja kantoran banyak menderita gejala wasir/ambeien karena tidak sadar akibat kesibukannya mengerjakan kerjaan yang padat didepan komputer,  kebiasaan duduk terlalu lama dapat menyebabkan wasir/ambeien karena pembuluh darah disekitar anus akan banyak terisi darah, karena banyak terisi darah secara konstan, maka akan menekan dinding pembuluh darah hingga semakin besar.
  5. Kegemukan. Merupakan salah satu efek dari no. 4, yaitu berlama-lama menghabiskan waktu duduk terlalu lama di depan TV ataupun komputer membuat pola hidup anda tidak sehat, salah satunya yaitu kurang banyak gerak sehingga hal ini menyebabkan anda mengalami kenaikan berat badan, dan akhirnya kegemukan. Nah, kegemukan merupakan salah satu faktor dari resiko terkena wasir. Jika anda sudah mempunyai wasir, kegemukan juga dapat membuat wasir anda semakin parah.

Ada Berapa Tingkat Keparahan Stadium Pada Wasir?


Menurut Dr. Ari Fahrial Syam dari Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan, tingkat keparahan wasir dibagi menjadi 4 stadium, yaitu sebagai berikut.

  • Stadium 1: Awal mulai terjadi pembesaran vena di anus. Ukurannya masih kecil sehingga belum menimbulkan gejala apapun. Baru bisa terdeteksi ketika diperiksa dengan endoskopi. Namun terkadang sudah mulai menimbulkan rasa tidak nyaman saat buang air besar.
  • Stadium 2: Pembesaran vena sudah mulai dapat teraba, bisa keluar dari anus dan masuk kembali secara spontan, namun belum ada pendarahan. Terkadang terjadi infeksi yang mengakibatkan rasa panas dan gatal di anus. Kemungkinan rasa panas meningkat saat duduk terlalu lama dan buang air besar.
  • Stadium 3: Pembesaran vena lebih sering keluar dari anus, bahkan sudah tidak mampu dimasukan kembali secara spontan, perlu dibantu dengan jari untuk memasukkannya lagi, difase ini sudah menimbulkan rasa panas saat duduk terlalu lama ataupun buang air besar. Saat terjadi kontraksi, vena yang membesar bisa pecah dan menimbulkan pendarahan.
  • Stadium 4: Pembesaran vena sudah tidak dapat dimasukan kembali, meskipun dengan bantuan jari. Pendarahan terjadi semakin sering lantaran vena yang semakin membesar, sehingga dapat membuat penderitanya kekurangan darah (Anemia) atau terjadi penurunan hemoglobin (HB) sehingga badan menjadi lemah dan ini BERBAHAYA apabila didiamkan.

Bagaimana Cara Pencegahannya?


Wasir dapat dicegah, asalkan Anda tau caranya dan rutin untuk melakukannya, Berikut caranya dibawah ini:

  • Rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian utuh.
  • Jangan pernah mengkonsumsi Alkohol.
  • Kurangi mengkonsumsi junk food, gorengan dan makanan pedas.
  • Sebisa mungkin kurangi mengejan ketika buang air besar.
  • Jangan menunda buang air besar, karena menahan buang air besar bisa memberikan tekanan pada pembuluh darah di area rektum.
  • Perbanyak melakukan aktifitas fisik, karena duduk atau berdiri terlalu lama akan memberikan tekanan pada pembuluh darah di anus, solusinya yaitu banyak melakukan aktifitas fisik atau olahraga kecil seperti jogging sehingga dapat memperlancar feses ketika buang air besar.
  • Pertahankan berat badan karena kelebihan berat badan atau kegemukan dapat meningkatkan resiko wasir/ambeien.

Jika sudah terlanjur terjadi, maka jangan berlarut-larut diabaikan, Jika Anda mulai merasa sakit dan terjadi pendarahan, segeralah untuk konsultasikan ke dokter Anda, Sementara, dokter spesialis bedah Peter Ian Limas, mengatakan, sebagian besar masyarakat Indonesia masih meremehkan buang air besar berdarah. Padahal, ini bisa merupakan tanda awal kanker kolorektal yang menyebabkan kematian 600.000 orang per tahun.

Karena wasir itu sendiri secara alami tidak dapat dihilangkan kecuali melalui dengan cara operasi, dan tidak seratus persen dari hasil operasi akan benar-benar sembuh seperti yang di alami Pak Agus (30 Tahun). Pak Agus sudah mengidap wasir lebih dari 5 tahun yaitu ketika di tahun pertama dia bekerja disebuah perusahaan Jepang, karena kebiasaannya duduk terlalu lama membuatnya tidak sadar bahwa wasir yang dia derita sudah masuk Stadium 3 sehingga membuat Dia takut untuk buang air besar karena ketika mau buang air besar pasti terjadi pendarahan, segala upaya sudah dilakukan dengan cara berobat keberbagai klinik, tetapi hasilnya kurang memuaskan.

Sampai akhirnya Pak Agus menemukan Artikel tentang khasiat Madu dan Daun Ungu, maka wasir yang Dia derita selama lebih dari 5 tahun mulai berangsur membaik.

BACA KISAH SELENGKAPNYA PAK AGUS DISINI